Studi Konstruksi Alat Tangkap Pukat Cincin (Purse Seine) di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan Kec. Medan Belawan Kota Medan

Sarah Angelina, Akmal Akmal, Fauzan Ramadhan

Abstract


Pengetahuan tentang alat tangkap, khususnya dari segi desain dan konstruksi sangat penting dalam pengembangan dan usaha perikanan. Alat tangkap pukat cincin adalah alat tangkap aktif karena dalam pengoperasian kapal, metode yang dilakukan yaitu pelingkaran jaring pada gerombolan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi alat tangkap purse seine dan juga menentukan tipe alat tangkap pukat cincin (purse seine) yang digunakan oleh nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan observasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan penaksiran pada berat jaring, berat tali dan gaya apung atau tenggelam pelampung, pemberat dan cincin. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pukat cincin diPPS Belawan termasuk kedalam pukat cincin tipe Jepang, hal ini dapat dilihat dari bentuknya yaitu empat persegi panjang dengan bagian bawah jaring berbentuk busur lingkaran dan bagian pembentuk kantong terletak di bagian tengah jaring. Konstruksi alat tangkap pukat cincin ini memiliki komponen yang sama dengan komponen pukat cincin pada umumnya yaitu jaring yang terdiri dari kantong jaring, badan jaring, dan sayap jaring. Pada tali temali terdiri dari tali ris atas, tali ris bawah, tali kolor, tali pelampung dan tali pemberat. Komponen selanjutnya yaitu terdiri dari pelampung, pemberat dan cincin. 


Keywords


Pukat Cincin; Konstruksi; Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan

Full Text:

PDF

References


Fachrussyah, Z.C. (2019). Konstruksi dan Teknik Pengoperasian Tagahu pada Penangkapan Ikan Nike (Awaous melanocephalus) di Teluk Gorontalo, Kota Gorontalo. 3(1).

Friedman, A.I. (1988). Perhitungan dalam Merancang Alat Penangkapan Ikan. Balai Pengembangan Penangkapan Ikan Semarang

Gay, L.R. & Diehl, P.L. (1992). Research Methods for Business and. Management. MacMillan Publishing Company, New York

Hamidy, Y., I. Syofyan & Nofrizal. (2004). Bahan Alat Penangkapan Ikan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau: Pekanbaru. 42 hlm.

Hikmah, N., Muhammad, K., dan Faisal, A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Alat Bantu Rumpon untuk Penangkapan Ikan di Perairan Kabupaten Jeneponto. 3(6) : 455-468.

Jayanto, B.B., Kukuh, E.P., dan Bimo, S.S. (2020). Rasio Gaya Apung dan Gaya Tenggelam Purse Seine Tipe Lengkung pada Kapal Ukuran di bawah 20 GT di PPP Bulu Tuban. 16(1) : 63-71.

Lisdawati, A., Najamuddin, & Andi, A. (2016). Deskripsi Alat Tangkap Ikan Di Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal IPTEKS PSP. 3(6) : 553 – 571.

Mallawa, A. (2012). Teknik Penangkapan Ikan. Rineka Cipta: Jakarta

Mardiah, R.S., Ratih, P.S., Sri, Y.R., Tyas, D. P., & Erwin, E.S. (2020). Kesesuaian Ukuran Konstruksi Purse Seine Sibolga Berdasarkan Kebijakan Pemerintah. COJ (Coastal and Ocean Journal), 4(1) : 15-26.

Pramadya, R. (2019). Analisa Performa Gaya Apung, Gaya Tenggelam, dan Kecepatan Tenggelam Purse Seine pada KM. Cahaya Bintang Surya Milik PT. Surya Mina Sejahtera. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. Semarang

Sandi, L. (2017). Teknik Pengoperasian Alat Tangkap Purse Seine Pada KMN. Inka Mina 245, di Perairan Laut Banda Kendari, Sulawesi Tenggara. Skripsi. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Dan Kepulauan

Setyasmoko, T.B., A.D.P. Fitri & S.D. Gautama. (2016). Kesesuaian Teknis Rasio Gaya Apung (Bouyance Force) dan Gaya Tenggelam (Sinking Force) pada Purse Seine Tipe Waring di TPI Sendang Sikucing, Kabupaten Kendal. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 5(1): 118 – 127.

Silitonga, C., Isnaniah & Syofyan, I. (2016). Studi konstruksi alat tangkap pukat cincin di Pelabuhan Perikanan Nusantara PPN. Sibolga. Journal Online Mahasiswa. 4(1): 1-11.

Singale, A.R., Johnny, B., dan R.D.C.H. Pamikiran. (2020). Kajian Efisiensi Teknis Alat Tangkap Pukat Cincin KM. SL Tidore. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap, 5(1): 21-29.

Sjarif., Baithur., & Hudring. (2015). Pukat Cincin (Purse seine) (Cetakan ke-2). Balai Besar Penangkapan Ikan. Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan. Semarang.

Subani, W., & H.R. Barus. (1989). Alat penangkapan ikan dan udang laut di Indonesia. Jurnal Penelitian Perikanan Laut,50.

Umriani. (2017). Studi Rancang Bangun Jaring Insang Dasar (Bottom Gillnet) di Perairan Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Skripsi. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Univesitas Hasanuddin. Makassar.

Wahju. R.I., Budhi. H.I., & Erwan, N.W. (2009). Pertimbangan Desain dan Estimasi Gaya Apung dan Gaya Tenggelam pada Rumpon di Perairan Pandeglang, Provinsi Banten. Buletin PSP XVIII (2): 113-117

Yuliana. (2016). Evaluasi Sistem Distribusi dan Rencana Peningkatan Pelayanan Air Bersih PDAM Kota Gorontalo. Jurnal Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 1(1): 127 – 129




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.10.3.p.161-171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sarah Angelina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.