Pengaruh Perbedaan Jenis Umpan Pancing Tajur terhadap Hasil Tangkapan Ikan di Sungai Terentang Desa Ladang Panjang Kecamatan Sungai Gelam

M. Apri Maulana, Darmawan Darmawan, Muhammad Hariski, Lisna Lisna, Nelwida Nelwida, Fauzan Ramadhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan jenis umpan pancing tajur terhadap hasil tangkapan ikan di Sungai Terentang Desa Ladang Panjang Kecamatan Sungai Gelam. Penelitian ini dilaksanaka di Sungai Terentang Kecamatan Sungai Gelam pada tanggal Bulan April – Mei 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan experimental fishing. Analisis data yang digunakan ialah Uji Anova dan uji lanjut uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil tangkapan dengan perbedaan jenis umpan yaitu dengan umpan katak mendapatkan sebanyak 22 ekor ikan, di susul umpan cacing mendapatkan 12 ekor ikan, umpan jangkrik mendapatkan 6 ekor ikan dan dengan umpan bekicot tidak mendapatkan hasil tangkapan ikan.  Hasil tangkapan dengan menggunakan pancing tajur di Sungai Terentang Desa Ladang Panjang Kecamatan Sungai Gelam adalah terdapat 6 spesies ikan yang tertangkap dengan jenis ikan yang paling banyak adalah ikan gabus (Channa  striata) sebanyak 5.480 kg dan yang paling sedikit adalah ikan serandang (C. pleuropthalma) sebanyak 200 g dan ikan kating/lundu (Bagrus numerous) sebanyak 40 g.


Keywords


Umpan; Pancing Tajur; Hasil Tangkapan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Muaro Jambi. Kecamatan Sungai Gelam. www.muarojambikab.bps.go.id, diakses 17 januari 2020 pukul 09.30 WIB.

Brandt, A.V. (1984). Fish Catching Methods of the Words. 3rd Edition. Fishing News Books. Farnham, England.

Elvyra, R. (2012). Potensi dan Pengembangan Ikan Selais (Kryptopterus dan Ompok : Siluridae) di Provinsi Riau. Seminar UR-UKM Ke-7 2012.” Optimlisasi Riset Sains dan Teknologi dalam Pembangunan Berkelanjutan”. Kota Pekanbaru.

Falah, S.N., Asriyanto, dan I. Setiyanto. (2014). Pengaruh Perbedaan Umpan dan Waktu Pengoprasian Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Gabus (Ophiocephalus striatus) Dengan Alat Tangkap Pancing Rentengan (Rawai) di Rawa Jombor Kabupaten Klaten. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 3(4): 37-45.

Kholis, M.N., R.I. Wahyu, dan Mustarudin. (2017). Keragaman Aspek Teknis Unit Teknologi Penangkapan Ikan Kaau Di Pambang Pesisir Kabupaten Bangkalis Provinsi Riau. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, 8(1):67-79.

Musdianto. (2016). Optimasi Kebutuhan Protein Pakan untuk Pertumbuhan dan Sintasan Ikan Gabus (Channa striata). Skripsi. Program Studi Budidaya Perairan. Fakultas Pertanian. Universitas Muhamadiyah Makasar.

Nugraha, D., M.N. Suparjo, dan Subiyanto. 2012). Pengaruh Perbedaan Suhu Terhadap Perkembangan Embrio, Daya Tetas Telur dan Penyerapan Kuning Telur Ikan Black Ghost (Apteronotus Albiforns) pada Skala Laboratorium. Jurnal of Management of Aquatic Resources, 1 (1): 1-6.

Purwanto, H., T.A. Pribadi, dan N.K.T. Murtati. (2014). Struktur Komunitas dan Distribusi Ikan di Perairan Sungai Juwana Pati. Unnes Journal of Life Science, 3 (1).

Sargawi, M.S.K., Syafrialdi, dan Djunaidi. (2018). Pengaruh Perbedaan Umpan Terhadap Hasil Tangkapan pada Alat Tangkap Pancing Tajur Di Rawa Lebak Jauh Kabupaten Bungo. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Perairan, 2(2): 1-10.

Siswoko, P. Pramonowibowo, dan A.D.P. Fitri. (2013). Pengaruh Jenis Umpan dan Mata Pancing Terhadap Hasil Tangkapan pada Pancing Coping (hand line) di Daerah Berumpon Perairan Pacitan, Jawa Timur. Jurnal of fisheries Resources Utilization Management and Technology, 2(1): 66-75.

Steel, R.G.D., dan J. H. Torrie. (1991). Prinsip dan Prosedur Statistika: Suatu Pendekatan




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.9.3.p.201-206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ilmu Perairan (Aquatic Science)