Komposisi Hasil tangkapan Rawai (Mini Long Line) yang Dioperasikan Saat Siang dan Malam Hari di Kelurahan Teluk Meranti Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan

Susan Novela Sari, Jonny Zain, Nofrizal Nofrizal

Abstract


Penyebaran ikan di perairan Sungai Kampar Kelurahan Teluk Meranti dipengaruhi oleh faktor lingkungan, kondisi lingkungan mengalami perubahan dari waktu ke waktu seperti perbedaan suhu, kedalaman, dan kecerahan perairan saat siang dan malam hari, berdampak terhadap hasil tangkapan. Rawai (mini long line) adalah alat tangkap yang mudah dioperasikan oleh nelayan dan termasuk alat tangkap yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan komposisi hasil tangkapan rawai yang dioperasikan siang dan malam hari di Sungai Kampar, Kelurahan Teluk Meranti. Metode yang digunakan adalah metode survei, yaitu melakukan pengamatan langsung terhadap obyek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah uji Chi Square, yang diamati berupa keragaman jenis, jumlah hasil tangkapan, dan berat ikan yang berhasil diperoleh. Ikan yang tertangkap selama penelitian ada tiga jenis, yaitu ikan patin (Pangasius sp), dobuk (P.larnaudii) dan baung (Mystus nemurus). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tangkapan pada malam hari lebih banyak dibandingkan hasil tangkapan siang hari. Hasil tangkapan rawai dapat dilihat pada malam hari berjumlah 39 ekor dengan berat total 64,5 kg. Sedangkan tangkapan siang hari berjumlah 22 ekor dengan berat 38,7 kg


Keywords


Rawai; Komposisi Hasil Tangkapan; Nocturnal; Pelalawan

Full Text:

PDF

References


Ayodhyoa, A.U. (1981). Metode Penangkapan Ikan. Yayasan Dewi Sri. Bogor.

Dahuri R., Rais, J., Ginting, S.P., & Sitepu, M.J. (2001). Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. PT. Pradnya Paramitha. Jakarta.

Evawati, D. (2013). Daya Terima Konsumen Karage terhadap Diversifikasi Pengolahan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepius) dalam Rangka Peningkatan Konsumsi Protein, Jurnal Buana Pendidikan, 9 (16): 71–83.

Harsandi, A., Brown, A., & Syofyan, I. (2015). Pengaruh Variasi Kompnen Biji Sawit terhadap Hasil Tangkapan Ikan Sepat Rawa (Trichogaster tripchopterus) pada Alat Tangkap Bubu. Jurnal Online Mahasiswa Perikanan dan Kelautan, 2(2)

Pariwono, J.I. (1989). Kondisi pasang - surut di Indonesia. In: pasang surut, Asean Australia Cooperative Programs on Marine Science. Project: Tides and Tidal Phenomena.

Sudjana, S. (1992). Teknis Analisis Regresi dan Korelasi. Tarsito. Bandung

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Bandung.

Tarmizi, T., Brown, A., & Rengi, P. (2014). Analysis of Mini Long Line Rate Using Hook Size 5 and 7 Mini Long Line Feasibility Effort in the Water of Pambang’s Gulf Bantan District Bengkalis Regency Riau. Jurnal Online Mahasiswa Perikanan dan Kelautan, 1 (2).

Von Brandt, A. (1984). Fish Catching Methods of the World. Fishing News Books. Ltd, London. 190 hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.12.2.p.305-311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Susan Novela Sari, Jonny Zain, Nofrizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.