Morfologi Lobster Cherax quadricarinatus di Sungai Katoman Desa Ranah Baru Kabupaten Kampar dan Danau Ali Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau

Dian Handayani, Windarti Windarti, Eddiwan Eddiwan

Abstract


Cherax quadricarinatus mendiami Sungai Katoman dan Danau Ali yang memiliki tipe ekosistem yang berbeda, karena air di sungai mengalir sedangkan air di danau statis. Kondisi air dapat mempengaruhi perilaku dan bentuk tubuh lobster. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan morfologi lobster di kedua lokasi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2023. Metode yang digunakan adalah metode sensus. Pengambilan sampel lobster dilakukan seminggu sekali, selama satu bulan. Lobster ditangkap dengan menggunakan jaring perangkap dengan ukuran mata jaring 0,5 inci.  Karakteristik morfologi dan meristik lobster yang tertangkap kemudian diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada 13 karakter morfometrik, lobster dari Sungai Katoman memiliki panjang total, telson, uropod ke-2 dan kaki ke-3 yang lebih panjang. Sedangkan lobster dari Danau Ali memiliki ukuran mata karapas, lebar cephalon, lebar dada, lebar karapas, abdomen, lebar telson, lebar maksimum abdomen, kaki ke-1 dan kaki ke-2 yang lebih panjang. Namun, tidak ada perbedaan pada karakteristik meristik, tetapi lobster dari Danau Ali memiliki warna tubuh yang lebih gelap dan bagian perut yang lebih besar


Keywords


Lobster Air Tawar; Tipe Ekosistem; Morfometrik; Meristik

Full Text:

PDF

References


Dina, R., Wowor, D., & Hamdani, A. (2013). Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus), Spesies Asing Baru di Perairan Danau Maninjau, Sumatera Barat. Limnotek: Perairan Darat Tropis di Indonesia, 20(2): 159-168.

Effendi, H. (2003). Telaah Kualitas Air Bagi Pengelohan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Kanisius. Yogyakarta. 258 hlm.

Hasim, H., Koniyo, Y., & Kasim, F. (2015). Parameter Fisika-Kimia Perairan Danau Limboto sebagai Dasar Pengembangan Perikanan Budidaya Air Tawar. Nike: Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 3(4).

Hepp, L.U., Fornel, R., Restello, R.M., Trevis, A., & Santos, S. (2012). Intraspecific Morphological Variation in a Freshwater Crustacean Aegla plana in Southern Brazil: Effects of Geographical Isolation on Carapace Shape. Journal of Crustacean Biology. 32(4): 511-518

Jones, C.M., & Ruscoe, I.M. (1996). Production Technology for Redclaw Crayfish (Cherax quadricarinatus). Final Report FRDC Project 92/19. Fisheries Research and Development Corporation. Canberra.

Kurniasi, T. (2008). Lobster Air Tawar (Parastacidae: Cherax), Aspek Biologi, Habitat, Penyebaran dan Potensi Pengembangannya. Media Akuakultur, 3(1): 31-35.

Nugroho, S.H. (2012). Morfologi Pantai, Zonasi dan Adaptasi Komunitas Biota Laut di Kawasan Intertidal. Oseana, 37(3): 11-21.

Pratiwi, D.A., Yustina, Y., & Suwondo, S. (2018). Kualitas Perairan Sungai Rangau berdasarkan Indikator Komunitas Plankton sebagai Sumber Rancangan Handout pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Riau.

Randy, P.P.D., Nur, H., & Nirmala, N. (2017). Pola Sebaran DO dan BOD di Parit Tokaya Pontianak. JeLAST: Jurnal Teknik Kelautan, PWK, Laut, Sipil, Tambang, 6(1): 239-249.

Rihardi, I., Amir, S., & Abidin, Z. (2013). Pertumbuhan Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) pada Pemberian Pakan dengan Frekuensi yang Berbeda. Jurnal Perikanan Unram, 1(2): 28-36.

Webster, M. (2007). A Cambrian Peak in Morphological Variation with in Trilobite Species. Science, 317 (5837): 499-502.

Widigdo, B., Hakim, A.A., Mashar, A., Sari, I.P., & Wardiatno, Y. (2020). Comparison of Morphological Characters of Freshwater Crayfish (Cherax quadricarinatus) from Different Ecosystems in Indonesia. Jurnal Biologi Tropis, 20(3): 507-513

Windarti, W. (2020). Keterampilan Dasar Biologi Perikanan. Oceanum Press. Pekanbaru. 153 hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.12.2.p.219-226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dian Handayani, Windarti, Eddiwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.