Hubungan Panjang Berat dan Ukuran Layak Tangkap Ikan Nilem (Osteochilus waandersii) Hasil Tangkapan Bagan Tancap di Danau Kerinci

Getra Risliandi Afisal, Filawati Filawati, Heru Handoko

Abstract


Danau Kerinci merupakan salah satu wilayah kabupaten di Indonesia untuk kawasan minapolitan perairan umum daratan. Aktivitas nelayan di danau Kerinci dilakukan di siang dan malam hari menggunakan alat tangkap bagan tancap yang beroperasi di siang dan malam hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan panjang berat dan ukuran layak tangkap ikan nilem (Osteochilus waandersii) hasil tangkapan bagan tancap di Danau Kerinci. Penelitian ini dilakukan di Danau Kerinci pada tanggal 03 Juli - 03 Agustus 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penetapan responden penelitian berdasarkan teknik random sampling yang mana dari dari jumlah nelayan hanya diambil 10% dari total nelayan di desa Koto Petai dan desa Pulau Tengah selama 16 kali penangkapan. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah komposisi hasil tangkapan, ukuran selang kelas ikan, hubungan panjang berat, dan ukuran layak tangkap ikan nilem. Hasil penelitian alat tangkap bagan dengan komposisi yaitu ikan nilemĀ  (26%), nila (32%), dan barau (42%). hasil tangkapan nilem yang tertangkap berjumlah 191 ekor, nilem, yaitu 12,19 cm dengan berat rata-rata 20,00 g, selang kelas panjang nilem dengan hasil tangkapan terbanyak terdapat pada ukuran kelas 13,0-14,2 cm sebanyak 57 ekor, dan yang terendah berada pada ukuran 11,7-12,9 cm sebanyak 16 ekor, dan hasil analisa hubungan panjang berat didapatkan nilai b sebesar 2,79. Disimpulkan bahwa hubungan panjang berat ikan nilem yang tertangkap menggunakan bagan tancap dan tangkul yang berjumlah 191 ekor bersifat allometrik negatif (2,79) menunjukkan bahwa nilai b<3, artinya pertumbuhan panjang tubuh lebih cepat dari pada pertumbuhan berat tubuh. Presentase ukuran layak tangkap ikan nilem sebanyak 74,35% dan tidak layak tangkap sebanyak 25,65%.


Keywords


Bagan tancap; Danau Kerinci; Ikan Nilem

Full Text:

PDF

References


Courtney, Y., Courtney, J., & Courtney, M. (2014). Improving Weight-Length Relationship in Fish to Provide more Accurate Bioindicators of Ecosystem Condition. J. Aquatic Science Technology, 2(2): 41-51.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo. (2023). Buku mengenal Ikan Nilem. Kabupaten Kulon Progo

Dinas Perikanan Kerinci. (2019). Statistik Perikanan Kerinci. Kerinci

Effendie, M.I. (2002). Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama. Yogyakarta. 163 hlm.

Gunarso, W. (1985). Suatu Pengantar tentang Tingkah Laku Ikan terutama dalam Hubungannya dengan Alat, Metode dan Taktik Penangkapan. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Hardjamulia, A. (1979). Budidaya Perikanan, Budidaya Ikan Mas (Cyprinus carpio), Ikan Tawes (Puntius javanicus), Ikan Nilem (Osteochilus hasselti). Sekolah Ilmu Perikanan. SUPM Bogor. Badan Pendidikan, Latihan dan Penyuluhan Pertanian. Departemen Pertanian.

Kelti Perikanan Danau. (2014). Penelitian Perikanan Tangkap di Danau Kerinci Jambi. Balai Penelitian Perikanan Perairan Umum. Kementrian Kelautan Dan Perikanan. Jakarta.

Kottelat, M., Whitten, A.J., Kartikasari, S.N., & Wirjoatmodjo, S. (1993). Ikan Air Tawar Indonesia Bagian Barat. Sulawesi. Periplus.

Martin-Smith, K.M. (1996). Length/Weight Relationships of Fishes in a Diverse Tropical Freshwater Community, Sabah, Malaysia. Journal of Fish Biology, 49(4): 731-734.

Masayu, R.A.P., Sugianti, Y., & Krismono. (2015). Beberapa Aspek Biologi Ikan Nilem (Osteochillus vittatus) di Danau Talaga Sulawesi Tengah. Bawal, 7(2): 111-120.

Ndiaye, W., Diouf, K., Samba, O., Ndiaye, P., & Panfili, J. (2015). The Length-Weight Relationship and Condition Factor of White Grouper (Epinephelus aenus, Geoffry Saint Hilaire, 1817) at the Southwest Coast of Senegal, West Africa. International Journal of Advanced Research, 3(3): 145-153.

Samuel, S., Suryati, N.I.K., Adiansyah, V., Pribadi, D., Pamungkas, Y.P., & Irawan, B. (2013). Penelitian Bioekologi dan Kajian Stok Ikan di Danau Kerinci Provinsi Jambi. Balai Perikanan Perairan Umum.

Sparre, P., & Venema, S.C. (1989). Introduksi Pengkajian Stok Ikan Tropis. Bagian 1, Petunjuk. FAO. Roma. (diterjemahkan oleh Tim BBPPI Semarang).

Sudirman, S., & Natsir. (2011). Perikanan Bagan dan Aspek Pengelolaannya. UMM Press. Malang.

Yuliana, S., Anhar, S., & Surandi, W.S. (2014). Aspek Pertumbuhan dan Reproduksi Ikan Nilem di Perairan Rawa Pening Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Dipenegoro Journal of Maquares, 3(3): 153-159.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.12.1.p.131-139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Getra Risliandi Afisal, Filawati Filawati, Heru Handoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.