Analisis Potensi dan Tingkat Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Pantai Carocok Tarusan

Yoshua Satria Yuda Prawira, Polaris Nasution, Arthur Brown

Abstract


Pelabuhan perikanan Carocok merupakan tempat bagi para nelayan untuk mendaratkan hasil tangkapannya setelah selesai melakukan kegiatan penangkapan. Salah satu hasil perikanan laut yang ada di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelabuhan dan Penyeberangan (UPTD) Carocok Tarusan adalah ikan cakalang (Katsuwonus pelamis). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis potensi, tingkat pemanfaatan dan jumlah tangkapan yang diperbolehkan untuk sumberdaya ikan cakalang di UPTD Carocok Tarusan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah konsep hasil maksimum lestari (Maximum Sustainable Yield) atau MSY. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model produksi surplus yang cocok digunakan yaitu model Schaefer, nilai potensi tangkapan lestari adalah sebesar 120.014,8 kg dengan upaya penangkapan optimum (F-opt) sebanyak 122 trip/tahun. Nilai jumlah tangkapan yang diperbolehkan yaitu sebesar 96.011,86 kg. Hasil tangkapan ikan cakalang yang didaratkan di UPTD Carocok Tarusan secara keseluruhan berada dibawah nilai MSY. Nilai rata-rata tingkat pemanfaatan yang diperoleh sebesar 61.82%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan tingkat pemanfaatan ikan cakalang di UPTD Carocok Tarusan berstatus moderate yang berarti bahwa masih terbuka peluang besar untuk memanfaatkan kegiatan penangkapan ikan cakalang secara optimal.


Keywords


Potensi; Ikan Cakalang; Maximum Sustainable Yield; UPTD Carocok Tarusan

Full Text:

PDF

References


[FAO] Food and Agricultural Organization. (1995). Code of Responsible Fisheries. Food and Agricultural Organization of The United Nations, Rome.

Brandt, A.V. (1985). Fishing Catching Methods of the World Fishing News (Books) Ltd., England.

Desiani, R., Susiana, S., & Lestari, F. (2019). Tingkat Pemanfaatan Ikan Delah (Caesio teres) pada Perairan Mapur yang didaratkan di Desa Kelong, Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan, Indonesia. Jurnal Akuakultur, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, 3(2): 1-9

Fridman, A.L. (1986). Perhitungan dalam Merancang Alat Tangkap. Terjemahan Tim Penerjemah

Gunarso, W. (1985). Tingkah Laku Ikan Hubungannya dengan Alat, Metode dan Taktik Penangkapan. Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor.149 hlm

Guntur, G., & Ali, M.F. (2015). Pengaruh Intensitas Lampu Bawah Air terhadap Hasil Tangkapan pada Bagan Tancap. Marine Fisheries (2): 195-202.

Hulaifi. (2011). Pendugaan Potensi Sumberdaya Perikanan Laut dan Tingkat Keragaman Ekonomi Penangkapan Ikan. Jurnal Matematika, Sains, dan Teknologi, 12(2): 113-126.

Insanu, R.K., Pramono, D.A., & Fadhilah, H. (2019). Pemetaan Suhu Permukaan Laut (SPL) Menggunakan Citra Satelit Terra MODIS di Perairan Delta Mahakam. Geodesi dan Geomatika, 2(1): 9-15

Kartini, N., Boer, M., & Ridwan A. (2021). Analisis CPUE (Catch per Unit Effort) dan Potensi Lestari Sumberdaya Perikanan Tembang (Sardinella fimbriata) di Perairan Selat Sunda. Manifish Journal, 1(3).

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 29 tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan Rencana Pengelolaan Perikanan dibidang Penangkapan Ikan.

Mayu, D. (2018). Analisis Potensi dan Tingkat Pemanfaatan Sumberdaya Ikan di Perairan Kabupaten Bangka Selatan. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, 1: 30-41.

Nontji, A. (1993). Laut Nusantara. Jakarta. Djambatan. 365 hlm

Olii, M.Y.U.P., & Iwan. (2018). Produktivitas Pukat Cincin (Purse Seine) untuk Penangkapan Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) di Perairan Kabupaten Boalemo. Gorontalo Fisheries Journal, 1(1):33-42.

Pasisingi, N. (2011). Model Produksi Surplus Untuk Pengelolaan Sumberdaya Rajungan (Portunus Pelagicus) di Teluk Banten, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Pelabuhan Perikanan Pantai Carocok Tarusan. (2017). Laporan Data Operasional UPTD Carocok Tarusan.

Pelabuhan Perikanan Pantai Carocok Tarusan. (2020). Laporan Data Operasional UPTD Carocok Tarusan.

Phuryandari, A., Ghofar, A., & Saputra, S.W. (2020). Analisis Pemanfaatan Ikan Layur (Trichiurus sp) yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap. PENA Akuatika, 19(2).

Saputro, P., Wibowo, B., & Rosyid A. (2014). Tingkat Pemanfaatan Perikanan Demersal di Perairan Kabupaten Rembang. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 3: 9 – 18.

Sibagariang, O.P., Fauziyah, F., & Agustriani, F. (2011). Analisis Potensi Lestari Sumberdaya Perikanan Tuna Longline di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Maspari Journal, 3(2):24–29.

Sparre, P., & Venema, S.C. (1998). Introduction to Tropical Fish Stock Assessment. Part 1. Manual. Rome: FAO.

Subani, W. (1998). Pengoperasian Bagan sebagai Jaring Angkat. Pelabuhan Perikanan. Bogor: IPB Press.

Subani, W., & Barus, H.R. (1989). Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut di Indonesia. Jurnal Penelitian Perikanan Laut, 50.

Sudirman, S., & Mallawa, A. (2000). Teknik Penangkapan Ikan. Makassar: Rineka Cipta. 168 hlm.

Tangke U. (2010). Analisis Potensi dan Tingkat Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Kuwe (Carangidae sp) di Perairan Laut Flores Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan, 3(2).

Telussa, R.F. (2016). Kajian Stok Ikan Pelagis Kecil dengan Alat Tangkap Mini Purse Seine di Perairan Lempasi, Lampung. Jurnal Satya Minabahari, 1(2): 32-42.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 31 Pasal 1 Tahun 2004 Tentang Pengelolaan Perikanan. Jakarta.

Zainuddin, M., Nelwan, A.F.P., Farhum, A., Hajar, M.AI., Najamuddin, N., Kurnia, M., & Sudirman. (2013). Characterizing Potensial Fishing Zone of Skipjack Tuna during the Southeast Monsson in the Bone Bay-Flores Sea Using Remotely Sensed Oceanografic Data. International Journal of Geosciences, 4:259 -266




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.12.1.p.160-171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yoshua Satria Yuda Prawira, Polaris Nasution, Arthur Brown

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.