Identifikasi Biota di Sungai Mejing dan di Lokasi Perairan Pertambangan Pasir Sleman, Jawa Tengah

Callista Fabiola Candraningtyas, Fikri Arkan Maulana, Sovia Wijayanti, Muhammad Bondan Mardianto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi biota hewan di Sungai Mejing dan lokasi perairan pertambangan pasir Girikerto. Dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara Maritim, Sungai Mejing dan perairan pertambangan pasir memberikan gambaran keragaman biota perairan terestrial.  Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 30 Oktober 2023 s/d 2 November 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Visual Encounter Survey (VES). Pengumpulan sampel biota di perairan menggunakan jaring, kamera handphone, dan alat tulis. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap jumlah biota di kedua lokasi dimana di Sungai Mejing ditemukan 15 jenis hewan dan di kolam bekas tambang hanya ditemukan 1 jenis hewan. Kondisi ini dipengaruhi oleh asal, kualitas air, distribusi, dan ketersediaan makanan.


Keywords


Biota; Biodiversitas; Ekologi; Sungai

Full Text:

PDF

References


Ahluriza, P., & Harmoko, U. (2021). Analisis Pemanfaatan Tidak Langsung Potensi Energi Panas Bumi di Indonesia. Jurnal Energi Baru dan Terbarukan, 2(1): 53-59.

Anthonio, M., Hastuti, P.B., & Firmansyah, E. (2023). Studi Kasus Dekomposisi Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) diantara Pokok Kelapa Sawit di Perkebunan PT. Mitranusa Permata Sungai Manunggul Estate (SMGE) Kalimantan Selatan. Agrotechnology, Agribusiness, Forestry, and Technology: Jurnal Mahasiswa Instiper, 1(3): 1338-1349.

Fau, A. (2020). Studi Keanekaragaman Hayati sebagai Sarana Edukasi Ekowisata di Kawasan Air Terjun Baho Majӧ Desa Bawӧdobara. Jurnal Education and Development, 8(1): 289-289.

Wiranto, S. (2020). Membangun Kembali Budaya Maritim Indonesia melalui Kebijakan Kelautan Indonesia dengan Strategi Pertahanan Maritim Indonesia: Perspektif Pertahanan Maritim. Jurnal Maritim Indonesia, 8(2): 110-126.

Wulandari, A., Yuantina, Y., Wardani, D.K., & Sholihah, F.N. (2023). Keanekaragaman Makrozoobentos pada Ekosistem Air Tawar Lentik di Desa Gumulan Kecamatan Kesamben. Exact Papers in Compilation (EPiC), 5(3): 35-40.

Zuhriyah, F., Amin, H.N., Anggraini, N., & Putri, W.R. (2022). Identifikasi Keberadaan Planaria sp sebagai Bioindikator Kualitas Air Bersih di Aliran Sungai Kawasan Wana Wisata Curug Semirang. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.12.1.p.7-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Callista Fabiola Candraningtyas, Fikri Arkan Maulana, Sovia Wijayanti, Muhammad Bondan Mardianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.