Morfometrik Meristik dan Identifikasi Jenis Ikan Alu-alu (Sphyraena spp) dari Perairan Sibolga

Gusnar Simangunsong, Windarti Windarti, Ridwan Manda Putra

Abstract


Ikan alu-alu (Sphyraena spp) merupakan jenis ikan yang memiliki ciri khas bentuk tubuh yang memanjang, bergigi taring, rahang atas yang panjang dan ditutupi dengan sisik-sisik halus yang berbentuk sikloid. Terdapat berbagai jenis ikan Sphyraena namun belum ada informasi mengenai jenis ikan yang terdapat di daerah penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui spesies, ciri-ciri meristik dan morfometrik ikan alu-alu yang terdapat di Kota Sibolga. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juli 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan pengambilan sampel dilakukan sebanyak 3 kali dalam 3 bulan, satu kali per bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 spesies ikan barakuda, yaitu S. putnamae dan S.obtusata. Warna tubuh S. putnamae berwarna keabu-abuan, dan ujung sirip punggung sejajar dengan ujung sirip dada. Sedangkan S. obtusata berwarna kekuningan dengan ujung sirip punggung sejajar dengan ujung anterior sirip perut. Pada bagian mulut, ikan S. putnamae memiliki mulut yang lebih panjang dan lebih tajam dibandingkan dengan ikan S. obtusata. Ukuran ikan S. putnamae lebih besar daripada S. obtusata, masing-masing 158-397 dan 165-255 TL


Keywords


Alu-alu; Sphyraena putnamae; Sphyraena obtusata

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2018). Kota Sibolga dalam Angka 2018. BPS. Kota Sibolga.

Ghazali, T.M. Teguh, H., Emma. S.Y.S., Filla, R.G.S. (2021). Identifikasi jenis Ikan di Sekeliling Pulau Poncan Kota Sibolga. Jurnal Terubuk, 49.

Jawad, L. (2005). Comparative Scale Morphology and Squamation Patterns in Triplefins (Pisces: Teleostei: Perciformes: Tripterygii). Tuhinga, 16 (1): 137–68.

Manik, R.R., Handoco, E., Arleston, J. (2019). Variasi Hasil Tangkapan Ikan dari Perairan Samudera Hindia, yang didaratkan di PPN Sibolga Pantai Barat Sumatera Tahun 2019. Jurnal TRITON. 17(2): 68-76.

Rustaiyan, A., Samiee, K., Bagheri, M.S. (2013). Identification of Natural Compounds in Muscle Tissue of Pickhandle Barracuda (Sphyraena jello) in Bander Abbas in the south of Iran (Closed to the Persian Gulf). Nature and Science, 11 (1): 91-94.

Saanin, H. (1984). Taksonomi dan Kunci Identifikasi I dan II. Penerbit Bina Cipta. Bogor. 508 hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.11.3.p.180-183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gusnar Simangunsong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.