Analisis Isi Lambung Ikan Alu Alu (Sphyraena spp) dari Perairan Sibolga

Netta Emagiana Br Tarigan, Windarti Windarti, Isma Mulyani

Abstract


Ikan Alu Alu (Sphyraena spp) dapat ditemukan di perairan Sibolga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis makanan yang ada di dalam perut ikan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan  Mei s/d Juli 2022. Pengambilan sampel dilakukan di perairan Sibolga, Sumatera Utara dan analisis isi lambung dilaksanakan di Laboratorium Biologi Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan pengamatan isi lambung ikan alu alu menggunakan metode gravimetrik. Kandungan lambung dianalisis sebagai dasar perhitungan Index of Prepoderence (IP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan utama S.putnamae dan S.obtusata memiliki kesamaan. Pada ikan ini makanan utamanya adalah ikan (IP 82%), makanan pelengkap adalah krustasea (IP 5%), dan makanan tidak teridentifikasi (IP 13%).  Makanan utama S.obtusata adalah ikan (IP 70%), makanan pelengkapnya krustasea (IP 11%), dan makanan tidak teridentifikasi (IP 19%). Berdasarkan data yang diperoleh, Sphyraena spp dapat dikategorikan sebagai karnivora.


Keywords


Isi Lambung; Metode Gravimetrik; Karnivora.

Full Text:

PDF

References


Asriyana, A., Irawati, N., Indrayani. (2018). Trophic Ecology of Two Blotch Ponyfish nuchequula Blochii in Kendari Bay, Southeast Sulawesi, Indonesia. AACL Bioflux, 11(1): 66-82.

[BPS] Badan Pusat Statistik. (2018). Kota Sibolga dalam Angka 2018. BPS. Kota Sibolga.

Nurdawati, N., Husnah, S., Asyari, A., Prianto, E. (2007). Fauna Ikan di Perairan Danau Rawa Gambut di Barito Selatan Kalimantan Tengah. Jurnal Iktiologi Indonesia, 7(2):89-97.

Putra, R.M., Windarti, W., Efizon, D., Yoswaty, D., Yani, A.H., Efawani. (2017). Buku Ajar Biologi Perikanan. UR Press. Pekanbaru

Sjafei, D.S. (2001). Kebiasaan Makan dan Faktor Kondisi Ikan Kurisi (Namipterus tambuloides Bleeker) di Perairan Teluk Labuan, Banten. Jurnal Ikhtiologi Indonesia, 1(1):7-11.

Sulistiono, M.R., Brodjo., M., Simajuntak, C.P. (2010). Studi Makanan Ikan Temang (Clupea fimbriata) di Perairan Ujung Pangkah, Jawa Timur. Jurnal Akuakultur Indonesia, 9(1): 38-45.

Windarti, W., Pamukas, N.A., Riauwaty, M., Fauzi, M., Efawani, E., Safrina, N., Mulyani, I. (2018). Buku Ajar Fisiologi Hewan Air. Unri Press. Pekanbaru.

Windarti, W. (2020). Keterampilan Dasar Biologi Perikanan. Oceanum Press. Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.11.3.p.175-179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Netta Emagiana Br Tarigan, Windarti, Isma Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.