Perbedaan Waktu Tangkap Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Lele Limbat (Clarias nieuhofii) pada Alat Tangkap Bubu Kawat di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Krisdianto Wibisono, Teja Kaswari, Fauzan Ramadhan

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh waktu penangkapan yang berbeda dengan alat tangkap bubu kawat terhadap hasil tangkapan lele limbat di kanal PT. Makin Group Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Materi penelitian ini adalah Lele Limbat yang di peroleh dari hasil tangkapan bubu kawat dan umpan buah kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan pada 15 Maret sampai 15 April 2022 di Kanal Perkebunan PT. Makin Group Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat Metode yang digunakan adalah experimental fishing. Waktu penangkapan dilakukan pada siang dan malam dengan tujuan untuk mengetahui  pada waktu penangkapan mana yang lebih selektif dalam menangkap ikan lele limbat. Data yang dihimpun meliputi parameter lingkungan, jumlah total hasil tangkapan, berat total hasil tangkapan. Uji beda rata-rata digunakan untuk mengetahui suhu permukaan air selama penelitian. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif uji Independent sampel t-test. Hasil penelitian menujukkan jumlah total hasil tangkapan pada malam hari adalah 304 ekor ikan lele limbat (Clarias nieuhofii), sedangkan jumlah total hasil tangkapan pada waktu siang hari adalah 82 ekor ikan lele limbat (Clarias nieuhofii). Hal tersebut menunjukkan bahwa jumlah total hasil tangkapan pada malam hari lebih banyak dari pada siang hari

Keywords


Waktu Penangkapan; Bubu Kawat; Lele Limbat.

Full Text:

PDF

References


Astuti, D., (2019). Perbandingan umpan Terhadap Hasil Tangkapan Limbat (Clarias nieuhofii) Menggunakan Alat Tangkap Bubu di Kelurahan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Skripsi. Fakultas Peternakan, Universitas Jambi.

Budi, T.P. (2006). SPSS 13.0 Terapan : Riset Statistik Parametrik, 1st ed. Andi Offset, Yogyakarta

Harahap, Y.A., Wibowo, B.A., & Boesno, H., (2013). Analisis Perbedaan Waktu Penangkapan Ikan Alat Tangkap Branjang Terhadap Hasil Tangkapan di Perairan Rawapening, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 2: 172–181.

Kabalmay, F.I., Noor, M.T., & Sutoyo, A. (2017). Analisis Pengaruh Perbedaan Waktu Tangkap Terhadap Efektifitas Hasil Tangkapan Kepiting (Scylla sp) Menggunakan Alat Tangkap Bubu di Pantai Timur Surabaya. Jurnal Techno-Fish, 1: 86–92.

Manullang H.M., & Khairul. (2021). Karakteristik Habitat Alami Ikan Lembat (Clarias leiacanthus) di Desa Bandar Tinggi ditinjau dari Beberapa Parameter Faktor Kimia Perairan. Ilmu Alam dan Lingkungan, 12(1): 17–20.

Nurcahyati., Aristi, D.P.F., & Sardiyatmo. (2013). Analisis Umpan dan Waktu Penangkapan Bottom Gill Net Terhadap Hasil Tangkapan Rajungan (Portunus Pelagicus) di Perairan Bedono, Kabupaten Demak. Journal Fisheries of Marine science, 16 (3), 1–9.

Nursahira., Bustari., & Jonny, Z. (2020). Perbandingan Hasil Tangkapan Siang dan Malam pada Alat Tangkap Trammel Net di Desa Prapat Tunggal Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau 2, 1–12.

Putra, B.B., Pramonowibowo, & Setiyanto, I. (2015). Pengaruh Perbedaan Umpan dan Waktu Penangkapan Bubu Lipat Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Gabus (Ophiocephalus striatus) di Rawa Jombor, Klaten. Journal Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 4; 43–51.

Rosyid, A., Jayanto, B.B., Amalidun, A., (2005). Pengaruh Perbedaan Waktu Penangkapan dan Jenis Umpan Terhadap Hasil Tangkapan Kepiting Bakau dengan Alat Tangkap Wadong. Jurnal Perikanan Tangkap, 134–140.

Syuhada, Y.M., Hertati, R., & Kholis, M.N. (2020). Hubungan Panjang Berat dan Faktor Kondisi Ikan Limbat (Clarias nieuhofii) yang Tertangkap pada Bubu Kawat di Perairan Rawa Rimbo Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Journal Pengelolaan Sumberdaya Perairan, 4: 90–102.

Taofiqurohman, A., Nurruhwati, I., Hasan, Z. (2007). Studi Kebiasaan Makanan Ikan (Food Habit) Ikan Nilem (Osteochilus hasselti) di Tarogong Kabupaten Garut. Skripsi. Fakultas Perikanan, Universitas Padjadjaran. Bandung.

Tomasoa, Y.S.F. (2020). Hasil tangkapan jaring insang hanyut (drift gill net) pada saat malam dan siang hari. Jurnal Agrohut, 11: 11–18.

Warseno, Y. (2018). Budidaya Lele Super Intensif di Lahan Sempit. Jurnal Riset Daerah, 17 (2): 3064–3088.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.11.2.p.145-150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Krisdianto Wibisono, Teja Kaswari, Fauzan Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.