Komposisi Hasil Tangkapan Alat Tangkap Rawai pada Waktu Pagi dan Siang Hari di Perairan Desa Bantan Sari Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau

Heni Andri Anik, Bustari Bustari, Polaris Nasution

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2022 di Desa Bantan Sari Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilaksanakan selama tujuh hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah perbedaan dan komposisi hasil tangkapan rawai dasar pada waktu pagi dan siang hari di perairan Desa Bantan Sari. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan mengenai komposisi hasil tangkapan alat tangkap rawai pada waktu pagi dan siang hari di perairan Desa Bantan Sari menghasilkan jumlah tangkapan pada waktu pagi hari sebanyak 22.49 kg dengan jumlah 66 ekor sedangkan siang hari sebanyak 15.32 kg dengan jumlah 43 ekor. Hasil tangkapan tertinggi pada waktu pagi adalah ikan duri (Hexanematichthys sagor) dengan jumlah 10.03 kg (28 ekor) dan hasil tangkapn yang paling rendah adalah ikan kakap (Lates calcarifer) 2.86 (6 ekor) dan ikan gelama (Johnius amblycephalus) 2.51 (16 ekor). Untuk hasil tangkapan tertinggi pada waktu siang hari adalah ikan duri (Hexanematichthys sagor) berjumlah 7.26 kg (20 ekor) dan hasil tangkapan terendah adalah ikan hiu (Carcharias Taurus) 1.39 (3 ekor) dan ikan gelama (Johnius amblycephalus) 1.01 (7 ekor).


Keywords


Rawai; Ikan demersal; Bantan Sari

Full Text:

PDF

References


Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Bengkalis. (2020). Jumlah alat penangkapan ikan laut menurut kecamatan di kabupaten bengkalis tahun 2020.

Gunarso, W. (1985). Tingkah Laku Ikan dalam Hubungannya dengan alat, Metode dan Teknik Penangkapan. Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Pertanian Bogor. Bogor 149 hlm.

KKP. (2018). Penangkapan Ikan dengan Alat Tangkap Long Line.

Mahyudi. (2014). Komposisi Hasil Tangkapan Pancing Ulur yang Menggunakan Umpan Ikan Parang-parang dan Ikan Tenggiri di Perairan yang telah dipasang Rumpon di Perairan Teluk Rhu Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Universitas Riau.

Mayunar & Genisa, A.S. (2002). Budidaya ikan kakap putih. Jakarta: Grasindo

Muripto, I. (2015). Dinamika Perikanan Tuna di Perairan Prigi Selatan Jawa Timur. Sekolah Tinggi Perikanan-Jakarta.

Statistik Kabupaten Bengkalis. (2020). Kompilasi Data Statistik Sektoral Kabupaten Bengkalis Tahun 2019 dan 2020 (Kondisi Juni 2020).

Sutoyo, A. (2017). Perbedaan Waktu Pengoprasian Alat Tangkap Pancing Prawe (Mini Bottom Long Line) Terhadap Hasil Tangkap Ikan Kakap Merah (Lutjanus spp) di Perairan Pondok Mimbo Kabupaten Situbondo. Universitas Dr. Soetomo.

Yanti, N., Huri, E., Bustari. (2012). Analisis Komposisi Hasil Tangkapan Rawai (Long Line) Pagi dan Siang Hari di Perairan Teluk Pambang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Riau




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.11.1.p.34-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Heni Andri Anik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.