Tingkat Kepuasan Nelayan dengan Jasa Penyediaan Kebutuhan Laut di Pelabuhan Perikanan Kota Dumai Provinsi Riau

Anggi Marsela, Isnaniah Isnaniah, Jonny Zain

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s/d April 2022. Penelitian dilakukan dengan metode survey yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan penyediaan alat tangkap ikan di Pelabuhan Perikanan Kota Dumai Provinsi Riau. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 33 responden. Penentuan nilai tingkat kepuasan ditentukan dengan menggunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai Customer Satisfaction Index (CSI) untuk pabrik es sebesar 71,36% yang berarti puas dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk bahan bakar sebesar 69,79% yang berarti puas. Secara keseluruhan berdasarkan pengolahan data yang dilakukan mengenai tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan penyediaan kebutuhan ikan di Pelabuhan Perikanan Kota Dumai dapat disimpulkan bahwa nelayan puas terhadap kinerja pelabuhan.


Keywords


Tingkat Kepuasan, Metode CSI dan IPA

Full Text:

PDF

References


Atharis, Y. (2008). Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Melaut di Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus (PPS) Bungus Sumatera Barat. Skripsi. Bogor: Dapertemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.

Nasution, P., Rasyid, M.E., Syaifuddin., Rengi, P. (2021). Analisis Produksi Pabrik Es Pada Unit Pelaksana Teknik (UPT) Kota Dumai Provinsi Riau. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau.

Supranto J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Widodo S.M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan pada E-Commerce Model Business to Customer. Universitas Teknologi Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.11.1.p.22-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anggi Marsela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.