Analisis Faktor-Faktor Produksi Alat Tangkap Purse Seine di PPS Kutaraja Provinsi Aceh

Hairul Bahri, Jonny Zain, Bustari Bustari

Abstract


Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja merupakan pelabuhan perikanan terbesar dengan tipe A yang terletak di kota Banda Aceh, alat tangkap purse seine umumnya menangkap spesies pelagic schooling, artinya ikan ini harus membentuk gerombolan. Faktor produksi yang dipilih dalam penelitian adalah ukuran kapal, tenaga mesin, panjang jaring, lebar jaring, jumlah awak kapal, jumlah bahan bakar, jumlah lampu dan lama operasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi produksi hasil tangkapan purse seine dan bagaimana hubungan faktor-faktor produksi tersebut dengan hasil tangkapan purse seine. Manfaatnya adalah memberikan informasi kepada pelabuhan, nelayan, penulis dan pembaca tentang hubungan faktor produksi dengan hasil tangkapan purse seine. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2022 di Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja Kota Banda Aceh Provinsi Aceh. Metode penelitian ini adalah metode survei dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan, hasilnya akan dianalisis menggunakan uji normalitas, analisis multikolinearitas dan analisis regresi berganda untuk mengetahui apakah masing-masing faktor produksi benar-benar saling mempengaruhi atau tidak saling mempengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil tangkapan Purse Seine di PPS Kutaraja Aceh adalah Daya Mesin (X2), Jumlah Lampu (X3), Lebar Jaring (X4), Bahan Bakar (X5) dan Jumlah ABK (X7), nilai koefisien determinasi (R2) memberikan presentasi pengaruh yang kuat terhadap variabel independen yang digunakan dalam model memiliki pengaruh sebesar 62,7% terhadap variabel dependen dan sisanya sebesar 37,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model.


Keywords


Faktor Produksi; Purse Seine; Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja

Full Text:

PDF

References


Arifin, T.Z., Chaliluddin, C., & Mellisa, S. (2017). Analisis faktor-faktor produksi terhadap hasil tangkapan purse seine di TPI Ujong Baroh, Aceh Barat, Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan Perikanan Unsyiah, 2(3).

Dewi, Y.S., Ernaningsih, D., & Telussa, R. F. (2020). Analisis Faktor-Faktor Produksi yang Mempengaruhi Hasil Tangkapan Kapal Purse Seine yang Didaratkan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Labuan Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah Satya Minabahari, 6(1), 43-47.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit UNDIP, Semarang, 2013.

Imanda, S.N., Setiyanto, I., & Hapsari, T.D. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Tangkapan Kapal Mini Purse Seine di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 5(1): 145-153.

Nurdin, E., Natsir, M., & Hufiadi, H. (2017). Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Ketertarikan Gerombolan Ikan Pelagis Kecil pada Mini Purse Seine di Perairan Pemalang Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia, 13(2): 125-132.

Pratama, M.A.D., Hapsari, T.D., & Triarso, I. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Produksi Unit Penangkapan Purse Seine (Gardan) di Fishing Base PPP Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur Saintek Perikanan: Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology, 11(2): 120-128.

Rizwan, I.S & Aprilia, R.M. (2011). Effect of Production Factors on Purse Seine Fish Capture in the Fish Port Lampulo, Banda Aceh. Jurnal Natural FMIPA Unsyiah. 11 (1): 24-29.

Sarwita. (2018). Analisis Faktor-Faktor Produksi Terhadap Hasil Tangkapan Nelayan Purse Seine di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo. Jurnal Ilmiah Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh. 3(3)

Sudirman., & Mallawa, A. (2012). Teknik Penangkapan Ikan. Edisi Revisi 2012. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta. 211 hlm

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Walpole, R.E. (2005). Pengantar Statistik. Pusaka Utama. Jakarta

Wijopriono & Genisa, A.S. (2003). Kajian terhadap Laju Tangkap dan Komposisi Hasil Tangkapan Purse Seine Mini di Perairan Pantai Utara Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan Torani. 13 (1): 44-50.

Yuniarta. (2020). Analisis Faktor-Faktor Produksi yang Mempengaruhi Hasil Tangkapan Kapal Purse Seine yang diadaratkan di Pelabuhan Perikanan Pantai Labuan Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah Universitas Satya Negara Indonesia Banten, 6(1): 43-47




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.11.1.p.15-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hairul Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.