Kajian Selektivitas Gillnet pada Penangkapan Ikan Biang (Ilisha elongata ) di Desa Alai Kabupaten Kepulauan Meranti

Feliz Nafidad Ginting, Arthur Brown, Nofrizal Nofrizal

Abstract


Konsumsi ikan setiap tahun akan meningkat di iringi semakin padatnya jumlah manusia. Kebutuhan akan ikan sangat tinggi karna ikan mengadung banyak protein yang baik untuk tubuh manusia, hal ini menjadi faktor sehingga minat untuk konsumsi ikan sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat selektivitas jaring biang, menganalisis tingkat selektivitas gillnet, serta mengetahui hubungan antara ukuran morfometrik tubuh ikan dengan cara tertangkapnya ikan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari s/d Februari 2021. Metode yang digunakan adalah metode experimental fishing. Adapun hasil yang didapat yaitu gillnet alat tangkap selektif terhadap ikan biang. Pada mesh size 3 inci semakin tinggi ukuran hasil tangkapan (di atas 20 cm) semakin rendah rasio penangkapan sedangkan pada mesh size 4 inci semakin tinggi ukuran hasil tangkapan (di atas  20 cm) semakin tinggi rasio penangkapan. Kategori hubungan terkuat yaitu hubungan body girth dan cara tertangkap gilled, dari hasil regresi fork length dan cara tertangkap, kategori hubungan terkuat yaitu fork length dengan snagged dan pada hubungan antara body girth dan cara tertangkap sangat rendah dan juga hubungan antara fork length dan cara tertangkap sangat rendah dan hampir tidak memiliki hubungan


Keywords


Ikan Biang; Selektivitas; Desa Alai

Full Text:

PDF

References


Hermann, et, al. (2007). The social influence of brand community: evidence from European car clubs. Journal of Marketing, 69: 19 - 34.

Kawamura. (2000). Integrated Design of Water Treatment Facilities. New York: John Willey and Sons, Inc.

Rasdani, M. (2005). Usaha Perikanan Tangkap yang Bertanggung Jawab. Makalah disampaikan pada Pelatihan Pengelolaan Sumberdaya Ikan tanggal 14 – 24 Juni 2005. BPPI Semarang.

Sparre, P., & Venema, S.C. (1998). Introduction to Tropical Fish Stock Assement. Part/Manual 1. FAO Fisheries Technical Paper. Roma.

Utaminingsih, B. (2015). Desain dan kontruksi Gill net millennium kecamatan lembang kabupaten pinrang. Program Studi Pemanfaatan Sumber-daya Perikanan. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.11.1.p.8-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Feliz Nafidad Ginting, Arthur Brown, Nofrizal Nofrizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.