Evaluasi Fasilitas di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pulau Tello Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara

Berkat Kristian Telaumbanua, Jonny Zain, Alit Hindri Yani

Abstract


Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pulau Tello berada di Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, yang dibangun pada tahun 1978. Selama beroperasi hingga saat ini, PPP Pulau Tello mengalami permasalahan dibagian fasilitas. Terjadi kerusakan pada sebagian besar fasilitas di PPP Pulau Tello, sehingga menyebabkan penurunan terhadap aktivitas dan produktivitas perikanan di pelabuhan tersebut. Dampak dari kerusakan fasilitas tersebut mengakibatkan berhentinya aktivitas bongkar muat ikan, aktivitas pemasaran ikan, serta aktivitas pengolahan ikan di PPP Pulau Tello. Kebutuhan nelayan terhadap fasilitas tidak terpenuhi, sehingga nelayan lebih memilih untuk melakukan kegiatan operasional penangkapan secara mandiri tanpa adanya kerjasama dengan PPP Pulau Tello. Untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami PPP Pulau Tello, dibutuhkan evaluasi fasilitas serta analisis terhadap upaya perawatan, perbaikan, dan peningkatan fasilitas di PPP Pulau Tello. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga bulan Maret 2022.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, yakni dengan wawancara serta observasi secara langsung di lokasi penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, fasilitas di PPP Pulau Tello terbagi atas tiga bagian, yaitu fasilitas pokok, fasilitas fungsional, serta fasilitas penunjang. Fasilitas pokok di PPP Pulau Tello terdiri dari lahan, dermaga, kolam pelabuhan, alur pelayaran, revetment, jalanan komplek, dan drainase. Fasilitas fungsional terdiri dari TPI, cold storage, ice storage, pabrik es, instalasi air bersih, instalasi listrik, bengkel mesin, tangki BBM, pagar kawasan, serta rumah genset. Sedangkan fasilitas penunjang terdiri atas kantor administrasi, balai pertemuan nelayan, rumah dinas, mess operator, wisma nelayan, kantor syahbandar, MCK, serta pos jaga


Keywords


Fasilitas; Aktivitas; PPP Pulau Tello

Full Text:

PDF

References


Aguw, R.Y.C. (2013). Tanggungjawab Syahbandar dalam Keselamatan ditinjau dari UU Pelayaran No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, Lex Administratum.

Data Laporan Tahunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pulau Tello tahun 2020.

Data Laporan Tahunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pulau Tello tahun 2021.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2008 tentang Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut.

https://manado.tribunnews.com/2016/03/11/pelabuhan-perikanan-di-mitra-tak-layak.

https://terkininews.com/2015/05/07/Pabrik-Es-Milik-Pemprov-Kepri-Berhenti-Beroperasi.html.

Jaya, I. (2017). Kondisi dan Analisis Kemungkinan Pengembangan Fasilitas Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ternate.

Nurhayati, D. (2018). Analisis Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Eretan, Indramayu.

Peraturan Daerah nomor 14 tahun 2002 Kabupaten Nias tentang Distribusi Izin Usaha Penangkapan dan Surat Penangkapan Ikan.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor Per.08/Men/2012, tentang Kepelabuhan Perikanan, Jakarta.

Robbin, S., & Coulter, M. (2007). Manajemen. Edisi Kedelapan, Jakarta: PT. Indeks.

Sumanto. (1985). Dasar-Dasar Mesin Pendingin, Yogyakarta. Penerbit Andi.

Suprihati. (2009). Analisis Struktur Turap dalam Perancangan Dermaga Pelabuhan Glagah Kabupaten Kulonprogo Berdasarkan Tinjauan Geoteknik, Yogyakarta.

Suryanto. (2003). Pelayanan Prima. Jakarta: LAN-RI.

Syafei, M.N.I. (2005). Kajian Pengembangan Fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Jetis Kabupaten Cilacap.

Triatmojo, B. (1996). Pelabuhan. Beta Offset. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jipas.10.3.p.147-155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Berkat Kristian Telaumbanua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.